PENTINGNYA KESEHATAN LINGKUNGAN KERJA UNTUK MENUNJANG PRODUKTIVITAS

Penyusun: Mahasiswa PKL Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2021

Lingkungan terbagi menjadi 3 komponen yaitu kimia, fisika dan biologis. Komponen fisika yang bisa kita jumpai di lingkungan kerja kita antara lain kebisingan dan pencahayaan. Terkadang kita tidak terlalu menyadari kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap produktivitas di lingkungan kerja.

pencahayaan adalah jumlah penyinaran pada suatu bidang kerja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif. Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang aman dan nyaman dan berkaitan erat dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik memungkinkan orang dapat melihat objek-objek yang dikerjakannya secara jelas dan cepat. Akan tetapi, pencahayaan di tempat kerja tidak bisa dianggap sepele karena pencahayaan yang buruk bisa menyebabkan ketegangan mata, kelelahan, sakit kepala, stres, hingga kecelakaan kerja.

Sedangkan bising adalah bunyi yang sebenarnya tidak diinginkan dan sifatnya mengganggu,. Berdasarkan (KepMen LH No. 48 Tahun, 1996) tentang Baku Mutu Tingkat Kebisingan, kebisingan adalah bunyi yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan, sehingga mengganggu dan atau dapat membahayakan kesehatan. (KEMENKES No. 48 Tahun, 1987)

 Bunyi yang kita dengar melalui telinga bisa jadi merupakan salah satu bagian dari pekerjaan, misalnya saja bunyi telepon, keyboard, CPU komputer, speaker dan sebagainya. Bunyi yang kita dengar juga bisa berasal dari lingkungan sekitar seperti suara kendaraan bermotor dan suara angin. Terkadang kita merasa konsentrasi dalam bekerja menjadi terganggu. Suara bising yang ada di ruang kantor akan berdampak terhadap produktivitas atau performa kerja. Pengukuran tingkat kebisingan dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama Sound Level Meter, sedangkan pengukuran tingkat pencahayaan dilakukan dengan menggunakan Luxmeter. Itulah mengapa kita perlu mengukur kebisingan dan pencahayaan secara rutin di lingkungan kerja agar produktivtas tetap terjaga.

Share this Post: